Tuesday, August 23, 2011

Puasa yuk!!! MBK malam ini khusus buat yang belum pernah puasa aja J Mari kita share apa yang menarik jika kita berpuasa.

MBK: Puasa yuk!!! MBK malam ini khusus buat yang belum pernah puasa aja J Mari kita share apa yang menarik jika kita berpuasa. Simak MBK malam ini 22.00-23.00 hanya di 88.4 FM

@
Saya belajar puasa saat SMP. Saya tidak tahu bagaimana awalnya aturan puasa, apa tujuan puasa, hanya waton puasa saja. Aturan yang saya pakai adalah, jangan sampai orang tau kalau engkau puasa, jadi itu aja. Jadi puasa sejak pagi, dan buka saat malam hari.

Matius  6:17 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
Matius  6:18 supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."
Saya akhirnya mencoba mencari literature bagaimana berpuasa. Dan akhirnya saya menemukan bagaimana tujuan puasa.


Apakah tujuannya kita berpuasa?
1. Untuk merendahkan diri di hadapan Allah
2. Untuk menyatakan rasa kasih kita kepada Tuhan Yesus
3. Untuk mendisiplinkan tubuh kita dari keinginan duniawi, salah satu cara untuk menyangkal diri.
4. Untuk menambah rasa simpati kepada sesama, agar bisa merasakan penderitaan orang lain.
5. Untuk meminta jawaban Tuhan atas permasalahan kita.
6. Untuk mengusir jenis setan tertentu yang hanya bisa diusir dengan doa puasa.

Mari malam ini kita belajar seluk beluk puasa itu.

@@

Saya bersyukur mempunyai kakak rohani yang mengajarkan saya bagaimana puasa. Dan hasil pelayanannya sungguh luar biasa. Kakak rohani saya ini bercerita dia melayani di pedalaman Kalimantan, dimana banyak orang masih mempunyai jimat-jimat kadang “sahabat” yang dianggap untuk menjaga keluarga atau dirinya.

Hal ini termasuk saya sendiri juga. Waktu itu saya tidak tahu bahwa mempunyai jimat, atau minyak yang mungkin tujuan kita adalah untuk menjaga diri ternyata berarti kita menduakan Tuhan. Percaya jimat dan minyak berarti kita meragukan kuasa Tuhan. Berarti kita masih percaya ada kuasa lain yang lebih hebat atau sama hebat dengan kuasa Tuhan. Tuhan tidak pernah suka akan hal itu.

Keluaran  34:14 Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu.

Saya beberapa kali ikut pelayanan dengannya ke daerah pedalaman. Bagaimana dia melepaskan orang yang terikat dengan kuasa kegelapan dan jimat ini. Berbagai manifestasi yang timbul. Ada yang ketika didoakan langsung menyerahkan jimatnya dan dibakar. Ada yang ketika didoakan tiba-tiba keluar batu dari tengkuk orang yang didoakan, ada yang tiba-tiba muncul keris, ada yang tiba-tiba terangkat badannya melayang diudara, ada yang tiba-tiba mengeluarkan bau busuk sekali, dan kadang mengamuk dan manifestasi muncul mengaku sebagai pahlawan orang dayak.

Kakak rohani ini saya ketahui, jika dia ingin melayani orang yang ingin melepaskan jimat atau sahabatnya, atau minyak-minyak, maka dia akan berpuasa terlebih dahulu untuk membekali dirinya dengan kuasa dari Tuhan.

Kuasa Tuhan ternyata benar berkuasa dengan kuasa doa puasa.

@@@
Berpuasa bukan berarti kita agar lebih sakti. Bukan berarti kita lebih rohani dengan orang yang tidak berpuasa. Tuhan Yesus sendiri berpuasa.

Matius 6:16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Saya dulu agak “sok” mengajarkan teman-teman saya untuk puasa. Waktu mereka bertanya, apa manfaatnya, saya bilang selain untuk menjalankan perintah Tuhan, untuk berhemat sebagai anak kos.

Lha kalau semua lancar-lancar saja buat apa puasa kata mereka? Malah ada teman saya dengan sinis berkata, kalau mau diet atau uang kos menipis, jangan dibilang puasa untuk tujuan rohani kata mereka.

Saya tidak menyalahkan mereka. Saya malas berdebat juga. Tanpa masalah, tanpa harus karena uang saku menipis pun saya berpuasa. Kadang yang tidak enak kalau dianggap sok rohani. Apalagi jika kita mengatakan pada hamba Tuhan.
Dia katakan tanpa berpuasa pun dia dengan mudah mengusir setan dan memang demikian yang dia lakukan. Dia mengambil ayat ini:

Matius
9:14 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"
9:15 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

Padahal murid Yesus setelah belajar dari Tuhan Yesus sendiripun setelah itu berpuasa.
Mengusir orang kerasukan

Matius  17:21 [Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.]"

Mereka puasa untuk menguatkan Barnabas dan Saulus.

Kis 13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
13:3 Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

Tuhan Yesus sendiri berpuasa:
Matius  4:2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.

Berpuasa sudah diberi teladan pada kita. Saya sejak remaja sudah mempraktekannya. Saya pikir Tuhan tentu tahu isi hati kita sebenarnya apa motivasi kita. Puasa membuat kita akan kelaparan dan kehausan.

Saat keadaan seperti ini, saat kita berdoa atau meminta sesuatu pasti berbeda dengan saat kita tidak berpuasa.

@@@@

Apa saja tipe puasa yang ada? Ini adalah jenis puasa yang dicatat di Alkitab:


Apa saja puasa yang tercatat dalam PL?
1. Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Kel 24:16 dan Kel 34:28)
2. Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Sam 12:16)
3. Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raj 19:8)
4. Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16)
5. Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (2:13)
6. Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Dan 1:12), doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2)
7. Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17)
8. Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7)


Apa saja puasa yang tercatat dalam PB?
1. Puasa Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Mat 4:2)
2. Puasa Yohanes pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Mat 11:18)
3. Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kis 9:9)
4. Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan (Kis 13:2-3)

Secara garis besar dapat dibuat menjadi 3 jenis:
Puasa tidak makan dan minum, puasa dengan dapat minum air putih saja dan puasa tidak makan yang sangat kita suka.

Sedang waktu puasa, dapat dibagi menjadi 3 juga: mulai jam 10 malam sd jam 6 sore, sd jam 3 sore, bisa juga sampai jam 1 siang.
Adapun lamanya bisa satu hari, satu minggu, 10 hari, 40 hari.
Sekali lagi, Tuhan yang menyelidiki hati kita akan mengetahui yang terbaik buat diri kita.

@@@@@
Berpuasa tentunya bagus buat kesehatan, berpuasa membuat tubuh kita mengeluarkan racun. Banyak penelitian medis menemukan dari manfaat puasa.

Berpuasa membuat tubuh kita atau jasmani kita kelaparan dan kehausan. Kita akan belajar mengendalikan diri kita saat kita puasa. Mulut dan perut menuntut kita untuk mengisi dengan makan, namun saat itu kita mengajar dengan tegas tubuh kita sendiri untuk berpuasa, bahwa harus belajar menahan diri.

Berpuasa membuat kita merasa lebih dekat dengan Tuhan, membuat kita lebih mudah berserah dengan Tuhan, karena lemahnya tubuh kita. Apalagi jika kita sudah berpuasa dengan waktu yang lama.

Awal ketika mencoba puasa memang tidaklah mudah. Lapar dan lemas, dan banyak godaan untuk mencoba menghentikan saja. Namun ketika sudah belajar menang mencoba satu hari, maka akan mudah mencoba selanjutnya. Jika kita sudah mencapai misalnya hari ke 7 dari 10 hari yang kita targetkan, akan banyak godaan juga untuk menyerah saja. Jika kita sukses maka selanjutnya akan lebih mudah.

Demikian juga jika kita mencoba 40 hari. Meminta kekuatan Tuhan tentu akan lebih utama. Namun jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, puasa itu biasa saja.

Tuhan mahatahu, Dia mengetahui motivasi apa kita puasa. Saya sendiri sudah banyak persoalan yang seperti rumit sekali dan tiba-tiba ada saja pertolongan Tuhan dan masalah itu dapat diselesaikan, saya temukan jawaban ketika saya belajar setia untuk puasa.
<Photo 1>

No comments:

Post a Comment